7 Rempah untuk Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Catat Nih

Jakarta, CNBC Indonesia – Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit berbahaya, seperti jantung, stroke, dan ginjal.

Genetika dan gaya hidup dapat memengaruhi jumlah kolesterol yang diproduksi hati. Jika produksinya terlalu banyak, hal ini dapat menyebabkan penyumbatan yang bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Selain dengan obat-obatan, kolesterol tinggi juga dapat diobati secara alami dengan mengonsumsi rempah-rempah tertentu. Tumbuhan tertentu, seperti kunyit dan rosemary, dapat membantu menurunkan kolesterol.

Berikut rempah-rempah yang terbukti efektif menurunkan kolesterol secara alami seperti dilansir dari Medical News Today.

Rempah penurun kolesterol

1. Bawang putihBawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan. Allicin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Cara mengonsumsi bawang putih untuk menurunkan kolesterol adalah dengan menambahkannya ke dalam masakan, seperti sup, tumisan, atau sambal. Bunda juga bisa mengonsumsi bawang putih mentah tapi pastikan untuk mengunyahnya dengan baik agar allicin dapat dilepaskan.

2. KunyitKunyit mengandung senyawa kurkumin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Kurkumin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah.

Cara mengonsumsi kunyit untuk menurunkan kolesterol adalah dengan menambahkannya ke dalam masakan, seperti kari, sambal, atau jus.

3. JaheJahe mengandung senyawa gingerol yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Gingerol dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah.

Dalam tinjauan sistematis dan meta-analisis tahun 2018, peneliti mengamati 12 uji coba. Penelitian menunjukkan bahwa jahe dosis rendah, kurang dari 2 gram per hari, memiliki efek yang baik dalam menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol LDL.

Meski demikian, mereka juga mencatat bahwa penelitian tambahan yang lebih berkualitas diperlukan untuk membuktikan sepenuhnya efektivitasnya dalam menurunkan kolesterol tinggi.

Cara mengonsumsi jahe untuk menurunkan kolesterol adalah dengan menambahkannya ke dalam masakan, seperti sup, tumisan, atau minuman.

4. Kayu manisKayu manis mengandung senyawa polifenol yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Polifenol dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).Cara mengonsumsi kayu manis untuk menurunkan kolesterol adalah dengan menambahkannya ke dalam masakan, seperti teh atau smoothies.

5. Daun mintDaun mint mengandung senyawa mentol yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan. Mentol dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah.

Cara mengonsumsi daun mint untuk menurunkan kolesterol adalah dengan menambahkannya ke dalam masakan. Bunda juga bisa mengonsumsi daun mint dalam bentuk suplemen.

6. RosemaryRosemary mungkin juga memiliki beberapa efek positif pada kadar kolesterol Bunda. Rosemary sering dianjurkan sebagai rempah penurun kolesterol.

Menurut penelitian sebelumnya pada tahun 2014, orang yang mengonsumsi 2, 5, atau 10 gram bubuk rosemary setiap hari mengalami penurunan kadar kolesterol total. Mereka berpendapat ramuan ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kondisi kronis lainnya.

Meski demikian, penelitian tersebut hanya menggunakan ukuran sampel yang kecil sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menarik kesimpulan yang lebih kuat.

7. Cuka apelCuka apel mengandung asam asetat yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan. Asam asetat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah.

Cara mengonsumsi cuka apel untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mencampurkan 1-2 sendok makan cuka apel ke dalam 200 ml air. Minum campuran ini 2 kali sehari.

Perlu diingat bahwa mengonsumsi rempah-rempah untuk menurunkan kolesterol hanya efektif jika dilakukan secara rutin. Selain itu, Bunda juga perlu menerapkan pola hidup sehat lainnya, seperti mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan berhenti merokok.

Dengan mengonsumsi rempah-rempah secara rutin dan menerapkan pola hidup sehat, Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Jangan lupa dengan dokter sebelum mengonsumsi rempah-rempah untuk menurunkan kolesterol dalam bentuk suplemen.

Berita selengkapnya >>> Klik di sini

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Begini 6 Cara Ampuh Turunkan Kolesterol, Buktikan Sendiri


(miq/miq) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *